Monday, February 26, 2018

Cara Mudah Meningkatkan Keamanan Komputer Anda dalam 5 Menit

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, di era sekarang ini segala hal yang anda lakukan senantiasa berbasis pada komputer atau laptop. Tentunya hal ini dikarenakan komputer atau laptop memiliki akurasi yang baik dan dianggap lebih cepat dalam melakukan proses data dibanding manusia. Terlebih dengan menggunakan komputer atau laptop seperti ini kita bisa mengakses data dimanapun dan kapanpun selama kita memiliki jaringan internet yang memadai.

Tips dan Trik Mudah Meningkatkan Keamanan Komputer Anda dalam 5 Menit - Semakin hari  ketergantungan manusia dari komputer ini seolah sudah tidak bisa dielakkan lagi. Tahukah anda, sebenarnya dalam dunia komputer selalu ada ancaman yang mengintai data data yang kita simpan di komputer atau latop kita karena di luar sana banyak sekali pihak tidak bertanggung jawab yang seringkali melakukan pencurian data. Tentunya anda harus melakukan tindakan preventif untuk mengantisipas hal ini.
Tips dan Trik Mudah Meningkatkan Keamanan Komputer Anda dalam 5 Menit

Langkah Mudah Meningkatkan Keamanan Komputer

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan keamanan komputer anda. Silakan lanjut ke poin-poin dibawah ini.

1. Selalu Gunakan Antivirus
Seringkali orang orang berpikiran kalau menggunakan antivirus akan membuat performa komputer menjadi lemot. Hal ini memang bisa dibenarkan. Tapi tahukah anda kalau peranan antivirus ini sangatbesar terhadap keamanan komputer anda terutama jika komputer anda merupakan komputer yang seringkali digunakan untuk online.
Antivirus ini akan menyaring banyak aplikasi aneh yang mungkin masuk secara tidak sengaja pada saat anda sedang berselancar. Jika anda tidak ingin antivirus membuat komputer atau Laptop anda menjadi lemot. Anda hanya tingga men-disable fitur start up dari antvirus ini dan hanya nyalakan pada saat anda memerlukanya.

2. Update Operating System Juga sangat membantu
Selanjutnya jika anda ingin komputer anda lebih aman, pastikan anda selalu mengikuti update terbaru dari operating sistem yang anda gunakan. Update OS akan membuat database mengenai malware terbaru terindeks di komputer anda sehingga sistem bisa segera melakukan tindakan pencegahan untuk mengantisipasi masuknya malware tersebut ke komputer anda.
Jika anda tidakmelakukan proses update dalam waktu lama, pastinya database malware di komputer anda akan kadaluarsa. Hasilnya, anda tidak bisa melakukan antisipasi jika ada malware baru yang masuk ke komputer anda.

3. Rutin Mengganti Pasword Akan Sangat Bagus
Jika anda seringkali melakukan aktifitas via email atau akun lainnya, pastikan anda melakukan penggantian password anda secara berkala. Hal ini akan membantu anad untuk mengamankan akun anda dari peretasan. Kebiasaan orang Indonesia (terutama yang masih awam).
Mereka menggunakan password dengan kode yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, kota kelahiran, dan lain lain. Usahakan untuk memberikan password yang lebih sulit untuk ditebak dan selalu lakukan update terhadap password ini.

4. Hindari Situs dengan konten Dewasa!
Hal ini mungkin terdengar aneh tapi ada banyak benarnya. Situs dengan konten dewasa seringkali dihuni oleh para cracker yang segaja memasukkan malware ke dalam konten yang anda unduh agar bisa membuka akses menuju akun dan PC anda. Jadi pastikan agar anda selalu menghindari situs dengan konten dewasa seperti ini. Manfaatkan internet dengan sebaik dan sebijak mungkin.

Baca Juga :
Cara Cepat Mengatasi Komputer Super Lemot Saat Dinyalakan
Tips Mengamankan Jaringan Anda dari Pencurian Identitas
5 Cara Ampuh Mengamankan Jaringan Wifi Dari Hacker

5. Back Up data data yang dianggap penting
Jika anda kemudian memiliki banyakdata data penting di komputer atau laptop anda, kami sangat menyarankan anda untuk melakukan copy paste atau melakukan back up dari data data anda dan menyimpannya di hardisk yang terpisah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bilamana ada yang berusaha mencuri data data anda dan menghilangkannya.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya